Contoh silabus tematik SD

4 Feb

 

 


SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH DASAR KELAS II SEMESTER 2

TEMA: PERISTIWA

 

Standar

Kompetensi

Kompetensi Dasar 

Materi Pokok dan Uraian Materi 

Kegiatan Belajar 

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian 

Alokasi Waktu  

Sumber/ Bahan/ Alat 

PKn

Memahami sikap lapang dada

 

 

B. Indonesia :

  • Memahami ragam wacana tulis dengan membaca nyaring dan membaca dalam hati

 

  • Menampilkan sikap mau menerima kekalahan

 

  • Menceritakan kembali isi dongeng yang didengarnya
  • Menceritakan kembali cerita anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri
  • Menyebutkan isi teks agak panjang (20-25 kalimat) yang dibaca dalam hati
  • Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi
  • Sikap lapang dada

     

     

     

 

  • Cerita dongeng
  • Siswa dapat menampilkan sikap lapang dada

     

     

 

  • Siswa dapat menyampaikan pertanyaan sesuai dengan isi cerita yang didengarkan.
  • Siswa dapat membaca lancar dengan dengan pemahaman teks cerita agak panjang.
  • Siswa dapat menulis pengalaman dengan huruf sambung yang benar
  • Mengidentifikasi ciri-ciri sikap lapang dada
  • Membiasakan untuk bersikap lapang dada

     

 

  • Menjawab isi dongeng
  • Menceritakan kembali isi dongeng
  • Mengajukan pertanyaan berdasarkan dongeng cerita yang disampaikan
  • Menyebutkan isi teks agak panjang (20-25 kalimat) yang dibaca dalam hati
  • Menyalin puisi dengan huruf tegak bersambung dengan rapi

Tertulis

Perbuatan

Lisan

4 minggu

Buku tematik

kelas II Pengem-

bangan guru

Gambar Siswa  

IPS :

  • Memahami kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga
  • Memberikan contoh bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan tetangga

 

  • Pengalamam diri sendiri dan keluarga
  • Siswa dapat mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan keluarga.
  • Memberi contoh bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan tetangga

Tertulis

Perbuatan

Lisan


 

Buku tematik

kelas II Pengem-

bangan guru

Gambar Siswa  

IPA :

  • Memahami peristiwa alam dan pengaruh matahari dalam kehidupan sehari-hari

     

     

     

     

     

     

     

     

MATEMATIKA

Mengenal unsur-unsur bangun datar sederhana

  • Mengidentifikasi kenampakan matahari pada pagi, siang dan sore hari.

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

  • Melakukan pembagian bilangan dua angka
  • Mengenal sisi-sisi bangun datar
  • Pengaruh sinar matahari terhadap kondisi alam dan kehidupan di bumi

     

     

     

     

     

     

     

     

     

  • Arti pembagian sebagai pengurangan berulang
  • Unsur dan sifat bangun datar
  • Siswa dapat membedakan panas matahari pagi, siang dan sore hari.
  • Siswa dapat memahami kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari.
  • Siswa dapat memahami adanya kedudukan matahari pagi, siang dan sore hari

     

     

     

  • Siswa dapat melakukan pembagian dua angka
  • Siswa dapat menyebutkan sisi-sisi bangun datar
  • Menceritakan kedudukan matahari (pagi, siang, dan sore)
  • Membedakan panas yang dipancarkan matahari pada waktu pagi, siang dan sore hari
  • Menceritakan adanya hubungan antara kedudukan matahari dengan bayang-bayang yang dihasilkan

 

  • Melakukan pembagian bilangan dua angka
  • Mengurutkan bangun-bangun datar menurut ukurannya
  • Menunjukkan sisi-sisi bangun datar
  • Menyebutkan jumlah sisi-sisi bangun datar

     

     

Tertulis

Perbuatan

Lisan

 

Buku tematik

kelas II Pengem-

bangan guru

Gambar Siswa  

SBK :

  • Memahami nilai berkarya dan menyajikan proses pembuatan model benda yang terapung di air
  • Berkreasi dengan cat warna.
  • Ragam alat teknik dan proses pembuatan cat warna dari bahan alami dan buatan
  • Siswa dapat menunjukkan langkah-langkah pembuatan cat warna dari bahan buatan.
  • Siswa dapat memilih bahan buatan yang dapat dibuat cat warna
  • Mendemontrasikan cara pembuatan cat warna dari bahan buatan

Tertulis

Perbuatan

Produk  

 

Buku tematik

kelas II Pengem-

bangan guru

Gambar Siswa  

  • Karakter siswa yang diharapkan: Disiplin ( Discipline )

    Tekun ( diligence )

    Tanggung jawab ( responsibility )

    Ketelitian ( carefulness)

    Kerja sama ( Cooperation )

    Toleransi ( Tolerance )

    Percaya diri ( Confidence )

    Keberanian ( Bravery )

     

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah
SD Pulorejo 2

 

 

 

( W I J I, S.Pd.SD )

NIP: 19581013 198010 1 001

 

Dawarblandong, 2013

Guru Tematik Kelas II

 

 

 

( Yeni Rahmanitasari, S.Pd.SD)

NIP : 19840103 200801 2 004

 

 

 


 

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: